GO JOP " hanya dengan HP, tubuh terasa sempurna kembali "

Beranda » Blog » Apa itu Gangren?

Apa itu Gangren?

Diposting pada 19 November 2021 oleh gojop / Dilihat: 713 kali

Apa itu Gangren?

Kaki Palsu Murah – Gangren adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan kematian jaringan di suatu area tubuh. Ini berkembang ketika suplai darah terputus ke bagian yang terkena sebagai akibat dari berbagai proses, seperti infeksi, penyakit vaskular (yang berkaitan dengan pembuluh darah), atau trauma. Gangren dapat melibatkan bagian tubuh mana pun; area yang paling umum termasuk jari kaki, jari tangan, kaki, dan tangan.

Ada dua jenis utama gangren:

Gangren kering disebabkan dari kurangnya aliran suplai darah yang melalui arteri. Itu muncul secara bertahap dan berkembang perlahan. Pada kebanyakan orang, bagian yang terkena tidak terinfeksi. Pada gangren jenis ini, jaringan menjadi dingin dan hitam, mulai mengering, dan akhirnya mengelupas. Gangren jenis yang satu ini seringkali terlihat pada orang yang memiliki penyumbatan arteri (arteriosclerosis) dan dihasilkan dari peningkatan kadar kolesterol, diabetes, kebiasaan merokok, dan faktor genetik.

Gangren basah atau lembab ini berkembang sebagai sebuah bentuk komplikasi dari luka yang terinfeksi dan tidak diobati. Pembengkakan akibat infeksi bakteri menyebabkan penghentian aliran darah secara tiba-tiba. Berhentinya aliran darah memudahkan invasi bakteri ke otot dan memperbanyak bakteri karena sel-sel penangkal penyakit (sel darah putih) tidak dapat mencapai bagian yang terkena.

Gangren gas adalah jenis gangren basah yang disebabkan oleh bakteri yang dikenal sebagai Clostridia. Clostridia adalah jenis bakteri penyebab infeksi yang hanya tumbuh tanpa adanya oksigen. Saat  Clostridia tumbuh, mereka menghasilkan racun dan gas beracun. Oleh karena itu, kondisi ini disebut gangren gas.

Bagaimana Anda Mendapatkan Gangren?

Kondisi berikut adalah faktor risiko perkembangan gangren:

  • Cedera atau trauma tertentu, misalnya saja cedera remuk, luka bakar yang parah, atau radang dingin
  • Berbagai jenis penyakit yang dapat mempengaruhi sirkulasi darah, seperti arteriosklerosis, diabetes, kebiasaan merokok, atau penyakit Raynaud
  • Infeksi luka

Baca Juga: Apa Saja Pengobatan untuk Gangren?

Apa Gejala Gangren?

Gangren kering

Daerah yang terkena menjadi dingin dan mati rasa. Awalnya, area yang terkena menjadi merah. Kemudian, itu mengembangkan perubahan warna coklat. Akhirnya, menjadi hitam dan mati.

Gangren basah atau lembab

Daerah yang terkena menjadi bengkak dan meluruh. Hal ini sangat menyakitkan. Keluarnya cairan dapat terjadi di area infeksi. Ini menghasilkan bau yang tidak sedap. Lalu akan menjadi berwarna hitam. Orang yang terkena mengalami demam.

Gangren gas

Lukanya terinfeksi. Kotoran berwarna coklat-merah atau berdarah dapat keluar dari jaringan yang terkena. Gas yang berasal dari Clostridia ini bisa menghasilkan sensasi berderak saat area yang terkena ini ditekan.

Ini menjadi bengkak, dan lepuhan dapat berkembang. Rasa sakit di area yang terkena gangren ini sangat parah. Orang yang terkena mengalami demam, peningkatan denyut jantung, dan pernapasan cepat jika racun menyebar ke aliran darah.

Kapan Anda Harus Menghubungi Dokter Terkait Gangren?

Konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan segera jika tanda-tanda berikut berkembang:

  • Area tubuh berubah menjadi biru atau hitam.
  • Luka tidak sembuh dalam tujuh sampai 14 hari.
  • Nyeri di area lokal sangat parah.
  • Demam yang tidak dapat dijelaskan bersifat persisten.
  • Nanah atau darah mengalir dari luka.
  • Bau busuk keluar dari luka.

Apakah Ada Operasi untuk Gangren?

Luka dibersihkan dari jaringan mati (debridement) untuk memungkinkan penyembuhan dan mencegah penyebaran infeksi ke daerah sekitarnya. Jika infeksi tidak dapat dikendalikan dengan debridement dan pemberian antibiotik, amputasi bagian yang terkena menjadi perlu untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

GO JOP merupakan sebuah platform penyedia alat kesehatan yang berbasis online dari JOP. Jadi, jika Anda membutuhkan alat kesehatan dari kami, Anda tinggal menghubungi kami via WhatsApp. GO JOP juga dapat memandu alat seperti apa yang tepat untuk Anda. Selain itu, kami juga dapat memandu Anda untuk pengukuran serta cara pemakaian produk secara online. Anda tidak perlu khawatir, karena GO JOP adalah platform terpercaya. Anda dapat melihat kami hadir di berbagai media sosial serta media massa regional dan nasional.

Karena Anda tidak harus datang secara langsung ke tempat kami, Anda pastinya bisa menghemat biaya transportasi dan akomodasi. Khususnya jika dibandingkan dengan Anda yang harus datang ke tempat kami. Harga dari alat kesehatan kami juga adalah yang termurah di Pulau Jawa. Dan hal ini menjadikan Anda dapat menghemat biaya, baik dari segi harga maupun transportasi pengambilan barang. Anda juga akan dilayani oleh para ahli yang berpengalaman selama lebih dari 10 tahun untuk konsultasi dan pelayanan. Jika ada pertanyaan terkait kaki palsu murah, hubungi kami sekarang juga!

Bagikan ke

Apa itu Gangren?

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Apa itu Gangren?

Sidebar

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Raisa
● online
Raisa
● online
Halo, perkenalkan saya Raisa
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja