GO JOP " hanya dengan HP, tubuh terasa sempurna kembali "

Beranda » Blog » Pelajari Lebih Dalam Tentang Cedera Ujung Jari / Amputasi

Pelajari Lebih Dalam Tentang Cedera Ujung Jari / Amputasi

Diposting pada 1 November 2021 oleh gojop / Dilihat: 660 kali

Pelajari Lebih Dalam Tentang Cedera Ujung Jari / Amputasi

Jari Palsu – Cedera pada ujung jari dapat berupa benturan, robekan, atau amputasi (pemotongan) ujung jari, yang dapat terjadi di rumah, tempat kerja, atau saat bermain. Cedera ujung jari dapat terjadi selama aktivitas sehari-hari saat menggunakan pisau atau mesin pemotong rumput, atau ketika tangan/jari kita terjepit di pintu. Hal-hal tersebut adalah cedera paling umum yang terjadi pada tangan. Ujung jari yang lebih panjang lebih rentan terhadap cedera seperti itu. Kulit, jaringan lunak, tulang, kuku dan/atau dasar kuku dapat rusak dengan jenis cedera ini.

Pertolongan Pertama pada Jari yang Cedera

Pertolongan pertama dapat diberikan segera setelah cedera sebelum mengunjungi dokter. Anda harus membersihkan bagian yang terluka, mengangkatnya dan mengoleskan es untuk mengurangi pendarahan dan pembengkakan. Tutup ujung jari dengan perban steril dan jangan digerak-gerakkan dengan bantuan bidai. Untuk ujung jari yang telah diamputasi, sebaiknya bersihkan bagian yang diamputasi dengan garam dan bungkus dengan kain kasa. Bagian yang terluka dapat dimasukkan ke dalam kantong kedap air dan kantong tersebut dapat diletakkan di atas es. Hindari menempatkan bagian yang diamputasi langsung ke dalam es karena dapat merusaknya lebih lanjut.

Diagnosa Cedera Jari

Di unit gawat darurat atau tempat praktek, dokter Anda akan menanyakan bagaimana cedera itu terjadi, dan mempertimbangkan riwayat kesehatan Anda. Luka akan diperiksa apakah ada jaringan yang hilang, tulang yang terbuka, dan cedera kuku. Dokter Anda akan membersihkan luka untuk menghilangkan kontaminan dan jaringan mati, dan akan menyuntikkan obat bius untuk menghilangkan rasa sakit di jari yang terkena. Sinar-X dapat digunakan untuk mengkonfirmasi adanya patah tulang.

Tindakan pada Jari yang Cedera

Ujung jari memiliki suplai saraf yang kaya dan sangat sensitif. Jika tidak segera diobati dan efisien, cedera dapat menyebabkan deformitas permanen dan dapat mengganggu fungsi kompleks tangan. Tujuan pengobatan adalah untuk mengurangi rasa sakit, dan mempertahankan sensasi dan fungsi normal dari tangan dan jari.

Dokter Anda mungkin menusuk jari untuk mengurangi tekanan jika darah menumpuk di bawah kuku. Anda mungkin akan diberikan antibiotik atau suntikan tetanus untuk mencegah infeksi. Perawatan cedera ujung jari tergantung pada luasnya cedera dan sudut pemotongan.

Baca Juga: Atasi Masalah Punggung dan Cedera Berikut dengan TLSO Brace

Cedera jaringan tanpa tulang yang terbuka

Luka kecil bisa menutup dengan sendirinya. Dokter Anda mungkin menutupinya dengan perban dan merekomendasikan belat untuk perlindungan saat luka sembuh. Anda mungkin diminta untuk merendam jari dalam air hangat dan larutan antiseptik.

Luka ujung jari yang besar dan terbuka yang tidak memiliki kulit yang tersisa untuk menutupi luka mungkin memerlukan pembedahan. Pembedahan melibatkan menutupi cedera dengan cangkok kulit yang diambil dari telapak tangan Anda (situs donor), dan menjahit kedua bukaan.

Cedera tulang yang terbuka

Cedera besar dengan tulang yang terbuka mungkin tidak memiliki cukup jaringan untuk menutupi luka, dan akan memerlukan pembedahan. Teknik bedah meliputi:

  • Operasi rekonstruktif: Operasi ini dilakukan untuk menutupi luka dengan kulit, lemak, dan pembuluh darah baru. Bagian kulit atau jaringan lunak dapat diambil dari jari yang terluka atau sehat, atau telapak tangan yang sama. Bagian ini juga dapat diambil dari kulit di sebelah luka dan ditarik ke atas jari yang terluka untuk menutupinya saat masih terhubung ke tempat donor. Ini memberikan suplai darah yang sehat ke jaringan yang terluka. Setelah luka ditutup dengan cangkok kulit, kemudian akan dibiarkan sembuh.
  • Replantasi: Jika sebagian besar ujung jari terpotong, ahli bedah Anda dapat memasang kembali bagian yang diamputasi ke lokasi luka.

Dan jika memang tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut di atas, amputasi adalah solusi terakhir untuk melindungi sisa anggota badan yang di sekitarnya. Untuk kemudian Anda harus menggunakan jari palsu setelah luka atau cedera pada jari tersebut sembuh.

GO JOP merupakan sebuah platform penyedia alat kesehatan yang berbasis online dari JOP. Jadi, jika Anda membutuhkan alat kesehatan dari kami, Anda tinggal menghubungi kami via WhatsApp. GO JOP juga dapat memandu alat seperti apa yang tepat untuk Anda. Selain itu, kami juga dapat memandu Anda untuk pengukuran serta cara pemakaian produk secara online. Anda tidak perlu khawatir, karena GO JOP adalah platform terpercaya. Anda dapat melihat kami hadir di berbagai media sosial serta media massa regional dan nasional.

Karena Anda tidak harus datang secara langsung ke tempat kami, Anda pastinya bisa menghemat biaya transportasi dan akomodasi. Khususnya jika dibandingkan dengan Anda yang harus datang ke tempat kami. Harga dari alat kesehatan kami juga adalah yang termurah di Pulau Jawa. Dan hal ini menjadikan Anda dapat menghemat biaya, baik dari segi harga maupun transportasi pengambilan barang. Anda juga akan dilayani oleh para ahli yang berpengalaman selama lebih dari 10 tahun untuk konsultasi dan pelayanan. Jika ada pertanyaan terkait jari palsu, hubungi kami sekarang juga!

Bagikan ke

Pelajari Lebih Dalam Tentang Cedera Ujung Jari / Amputasi

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Pelajari Lebih Dalam Tentang Cedera Ujung Jari / Amputasi

Sidebar

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Raisa
● online
Raisa
● online
Halo, perkenalkan saya Raisa
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja