GO JOP " hanya dengan HP, tubuh terasa sempurna kembali "

Beranda » Blog » Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Amputasi Jari

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Amputasi Jari

Diposting pada 25 Oktober 2021 oleh gojop / Dilihat: 682 kali

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Amputasi Jari

Jari Palsu – Setiap kali Anda menyesap secangkir kopi atau mengetik pesan di ponsel Anda, jari-jari Anda bekerja dengan mudah untuk mempertahankan genggaman Anda dan menekan tombol yang tepat. Sayangnya, sama pentingnya dengan tugas sehari-hari, jari-jari Anda terus-menerus berisiko cedera yang dapat menyebabkan amputasi.

Ujung jari sangat rentan karena bagian tubuh yang satu ini adalah yang terakhir melarikan diri dari bahaya. Karena mereka juga kaya dengan saraf dan sangat sensitif, pengobatan yang cepat dan efektif sangat penting untuk mencegah deformitas atau kecacatan di masa depan.

Semakin banyak yang Anda ketahui tentang proses penyembuhan amputasi ujung jari, termasuk pengobatan alternatif seperti terapi oksigen dan juga pemasangan jari palsu, semakin mudah jalan Anda menuju pemulihan.

Bagaimana Amputasi Ujung Jari Terjadi?

Ada banyak situasi yang dapat menyebabkan amputasi ujung jari.

Trauma

Jika tangan Anda berakhir di tempat yang salah pada waktu yang salah, salah satu jari Anda mungkin menderita akibatnya. Sayatan tajam dan cedera remuk adalah contoh cedera traumatis yang semuanya dapat mengakibatkan cedera jari yang serius. Anda bisa saja sedang memotong sayuran, menutup pintu mobil, atau mencoba menghentikan perkelahian anjing ketika jari Anda tiba-tiba terluka parah. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sekitar banyak pasien terlihat di unit gawat darurat setiap tahun untuk jenis amputasi ini.

Penyebab Medis

Kondisi kesehatan kronis seperti diabetes atau penyakit kardiovaskular juga mungkin membatasi aliran darah ke jari. Tanpa sirkulasi yang tepat, gumpalan darah kecil menyebabkan iskemia dan memotong aliran darah ke ujung jari. Karena ujung jari tidak dapat bertahan dengan kekurangan oksigen yang berkelanjutan, amputasi menjadi sangat diperlukan untuk menyelamatkan sisa jari dan tangan.

Tips Pertolongan Pertama untuk Jari yang Terluka

Setelah Anda menderita cedera jari yang serius, pertolongan pertama yang tepat dapat meningkatkan peluang Anda untuk proses penyembuhan yang lancar dan sukses. Jika jari Anda masih utuh setelah cedera, bilas luka dengan air bersih, jika mungkin, dan tutupi dengan kain atau kasa yang bersih dan kering untuk mengurangi pendarahan dan mencegah infeksi. Angkat tinggi-tinggi tangan Anda yang sakit, lalu segera cari bantuan medis.

Jika ujung jari Anda benar-benar terputus setelah cedera, prosedur berikut menawarkan jalan terbaik menuju pemulihan:

  • Bersihkan bagian ujung jari yang terpotong dengan hati-hati menggunakan air bersih atau larutan garam steril
  • Bungkus ujung jari yang terpotong dengan kain kasa yang sedikit dibasahi dan masukkan ke dalam kantong kedap air
  • Tempatkan kantong kedap air dalam wadah es yang tertutup rapat agar tetap dingin, tetapi jangan biarkan jari yang diamputasi bersentuhan langsung dengan es.
  • Bawa jari yang diamputasi ke ruang gawat darurat, sehingga dokter dapat mengevaluasi pilihan pengobatan

Baca Juga: Penyangga Punggung atau Brace: Manfaat dan Cara Kerjanya

Replantasi dimungkinkan dalam situasi yang sangat spesifik, meskipun kemungkinannya menurun seiring waktu yang berlalu antara amputasi dan perawatan. Faktor-faktor lain ini juga membuat sulit atau tidak mungkin untuk memasang kembali ujung jari yang diamputasi:

  • Lebih dari 12 jam telah berlalu sejak cedera
  • Jari itu hancur atau terkontaminasi melalui trauma
  • Cedera jari meluas terlalu jauh ke bawah jari ke pangkal tangan

Bahkan jika replantasi tidak memungkinkan, amputasi ujung jari masih bisa sembuh dengan sendirinya. Dengan perawatan luka yang tepat setelah operasi, ujung jari yang diamputasi masih dapat mempertahankan penampilan dan fungsinya sebelumnya, tergantung pada seberapa jauh amputasi meluas.

Bagaimana Proses Penyembuhan Amputasi Ujung Jari?

Proses penyembuhan amputasi ujung jari bervariasi tergantung pada luasnya cedera. Sementara cedera jaringan kecil dapat sembuh dengan sendirinya selama dua hingga empat minggu, cedera jaringan yang lebih besar yang memerlukan perawatan bedah dapat memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk sembuh.

Dalam kebanyakan kasus, ahli bedah menghilangkan beberapa bagian dari jari dan memotong jaringan yang tidak dapat hidup karena terlalu rusak untuk bertahan hidup. Menghilangkan jaringan yang terkena meninggalkan bagian jari yang sehat dan mampu menyembuhkan dengan baik. Setelah ujung-ujungnya dijahit menjadi satu, sisa ujung jari yang biasanya dapat sembuh dengan baik tanpa infeksi atau komplikasi lainnya akan tertinggal.

Pada akhir operasi Anda, dokter Anda akan mengevaluasi kesehatan Anda dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mengancam keberhasilan proses penyembuhan Anda. Faktor-faktor ini dikenal sebagai komorbiditas, yang merupakan kondisi kronis yang ada pada saat yang sama dan meningkatkan risiko komplikasi lain.

GO JOP merupakan sebuah platform penyedia alat kesehatan yang berbasis online dari JOP. Jadi, jika Anda membutuhkan alat kesehatan dari kami, Anda tinggal menghubungi kami via WhatsApp. GO JOP juga dapat memandu alat seperti apa yang tepat untuk Anda. Selain itu, kami juga dapat memandu Anda untuk pengukuran serta cara pemakaian produk secara online. Anda tidak perlu khawatir, karena GO JOP adalah platform terpercaya. Anda dapat melihat kami hadir di berbagai media sosial serta media massa regional dan nasional.

Karena Anda tidak harus datang secara langsung ke tempat kami, Anda pastinya bisa menghemat biaya transportasi dan akomodasi. Khususnya jika dibandingkan dengan Anda yang harus datang ke tempat kami. Harga dari alat kesehatan kami juga adalah yang termurah di Pulau Jawa. Dan hal ini menjadikan Anda dapat menghemat biaya, baik dari segi harga maupun transportasi pengambilan barang. Anda juga akan dilayani oleh para ahli yang berpengalaman selama lebih dari 10 tahun untuk konsultasi dan pelayanan. Jika ada pertanyaan terkait jari palsu, hubungi kami sekarang juga!

Bagikan ke

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Amputasi Jari

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Amputasi Jari

Sidebar

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Raisa
● online
Raisa
● online
Halo, perkenalkan saya Raisa
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja