GO JOP " hanya dengan HP, tubuh terasa sempurna kembali "

Beranda » Blog » Penanganan Skoliosis dengan Penggunaan TLSO Brace

Penanganan Skoliosis dengan Penggunaan TLSO Brace

Diposting pada 28 September 2021 oleh gojop / Dilihat: 130 kali

Penanganan Skoliosis dengan Penggunaan TLSO Brace

TLSO Brace – Kondisi dimana tulang belakang membentuk lengkungan seperti huruf S atau C adalah kondisi dari penyakit skoliosis. Pada dasarnya skoliosis lebih sering dijumpai pada anak-anak sebelum masa pubertas, yaitu sekitar pada umur 10 hingga 15 tahun. Sebenarnya untuk penanganan dari kelainan tulang ini, salah satu caranya adalah dengan penggunaan korset. Tindakan pemilihan korset yang paling umum untuk penanganan kelainan tulang skoliosis ini adalah dengan penggunaan TLSO brace. Skoliosis yang terjadi pada seseorang pada awalnya akan berupa masalah ringan, namun lama-kelamaan akan menjadi lebih parah seiring dengan pertambahan usia, terlebih untuk seorang perempuan.

Jika kelainan skoliosis semakin parah, akan dapat menyebabkan seorang pengidapnya mengalami gangguan paru-paru, jantung, bahkan kelemahan pada fungsi tungkai. Gejala-gejala dari kelainan skoliosis ini bisa berbeda-beda tergantung dengan tingkat keparahan atau kondisinya. Berikut ini adalah beberapa gejala skoliosis yang paling umum timbul, yaitu:

  • Salah satu bahu mengidap skoliosis lebih tinggi.
  • Tubuh pengidap skoliosis lebih condong ke satu sisi.
  • Tubuh pengidap skoliosis tulang belikatnya tampak lebih menonjol.
  • Tinggi pinggang yang tidak rata.

Apa Saja Tanda-Tanda Skoliosis?

Tentu saja gejala-gejala tersebut bisa disertai dengan rasa tidak nyaman pada anggota badan tertentu, seperti misalnya pada punggung. Tulang belakang juga bisa berputar, sehingga lingkungan akan bertambah parah. Selain tulang belikat, tulang iga seorang penderita skoliosis juga akan tampak lebih menonjol dibanding sisi lainnya. Bahkan ketika skoliosis ini semakin parah, bisa saja aeorang penderitanya mengalami gangguan pernapasan.

Apa Yang Menyebabkan Terjadinya Skoliosis?

Cukup unik karena sebagian besar dari kasus kelainan tulang yang satu ini tidak ditemukan penyebabnya. Tetapi, terdapat beberapa kondisi yang bisa memicu terjadinya kelainan skoliosis:

  • Terjadi infeksi pada tulang belakang.
  • Yang mengalami cedera pada tulang belakang.
  • Terdapat bawaan dari lahir atau skoliosis kongenital.
  • Skoliosis degeneratif ( bawaan usia).
  • Terdapat masalah saraf dan otot atau skoliosis neuromuskular.

Baca Juga: Mengapa Seseorang Perlu Menggunakan Kaki Palsu?

Kapan Seorang Penderita Skoliosis Perlu Ke Dokter Atau Menjalani Penanganan?

Ketika melihat tulang belakang tidak seimbang atau tampak lebih menonjol daripada ada sisi lain, Anda perlu segera memeriksakan kepada seorang dokter ahli. Supaya skoliosis dapat ditangani  dengan segera. Karena apabila tidak ditangani sejak dini, maka skoliosis dapat bertambah buruk secara perlahan tanpa adanya nyeri.

Selain itu penggunaan TLSO brace merupakan hal yang positif karena bisa membantu seorang penderita nya untuk mengurangi derajat skoliosis dan memperbaiki posisi tubuh. Penggunaan TLSO ini pada umumnya tidak akan mengganggu aktivitas fisik harian, tetap pada seseorang yang baru saja memakainya mungkin akan terasa tidak nyaman. Dan menggunakan TLSO ini merupakan cara yang paling sering ditemui pada seorang penderita skoliosis. Penanganan penanganan yang dilakukan untuk penderita skoliosis dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal, antara lain:

  • Akan semakin baik apabila dikerjakan pada usia pertama kali ditemukan penyakit skoliosis.
  • Dikerjakan dari kurva sekecil mungkin, karena makin kecil kurvanya maka akan makin mudah.
  • Semakin kecil masalah tulang yang terjadi, tulang rusuk akan semakin baik.
  • Memperbaiki gizi untuk mempercepat pemulihan.
  • Selalu memberi dukungan atau support kepada penderitanya.

Disamping itu seorang penderita skoliosis lebih baik tidak mengangkat beban terlalu berat, lebih sering mengompres dengan air hangat bila punggung terasa nyeri, mengonsumsi obat pereda nyeri, misalnya seperti Ibuprofen atau paracetamol, serta rutin melakukan pemeriksaan foto secara berkala untuk evaluasi masalah tulang.

GO JOP merupakan sebuah platform penyedia alat kesehatan yang berbasis online dari JOP. Jadi, jika Anda membutuhkan alat kesehatan dari kami, Anda tinggal menghubungi kami via WhatsApp. GO JOP juga dapat memandu alat seperti apa yang tepat untuk Anda. Selain itu, kami juga dapat memandu Anda untuk pengukuran serta cara pemakaian produk secara online. Anda tidak perlu khawatir, karena GO JOP adalah platform terpercaya. Anda dapat melihat kami hadir di berbagai media sosial serta media massa regional dan nasional.

Karena Anda tidak harus datang secara langsung ke tempat kami, Anda pastinya bisa menghemat biaya transportasi dan akomodasi. Khususnya jika dibandingkan dengan Anda yang harus datang ke tempat kami. Harga dari alat kesehatan kami juga adalah yang termurah di Pulau Jawa. Dan hal ini menjadikan Anda dapat menghemat biaya, baik dari segi harga maupun transportasi pengambilan barang. Anda juga akan dilayani oleh para ahli yang berpengalaman selama lebih dari 10 tahun untuk konsultasi dan pelayanan. Jika ada pertanyaan terkait TLSO brace, hubungi kami sekarang juga!

Bagikan ke

Penanganan Skoliosis dengan Penggunaan TLSO Brace

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Penanganan Skoliosis dengan Penggunaan TLSO Brace

Sidebar

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Raisa
● online
Raisa
● online
Halo, perkenalkan saya Raisa
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja