GO JOP " hanya dengan HP, tubuh terasa sempurna kembali "

Beranda » Blog » 3 Jenis Masalah Tulang Belakang Skoliosis yang Wajib Diketahui

3 Jenis Masalah Tulang Belakang Skoliosis yang Wajib Diketahui

Diposting pada 31 Maret 2022 oleh gojop / Dilihat: 144 kali / Kategori:

3 Jenis Masalah Tulang Belakang Skoliosis yang Wajib Diketahui

Korset TLSO – Skoliosis adalah kelengkungan pada tulang belakang yang abnormal dan ada banyak bentuk yang berbeda. Penyebab skoliosis dan usia pasien adalah cara paling umum untuk mengkategorikan kondisi tersebut. Semua jenis skoliosis melibatkan beberapa tingkat pembengkokan tulang belakang, beberapa lebih buruk daripada yang lain. Penelitian baru dalam pengujian genetik skoliosis telah mengungkapkan wawasan baru tentang kemungkinan penyebab kelengkungan tulang belakang.

Biasanya, untuk menangani skoliosis ini akan digunakan sebuah alat bantu khusus, seperti korset TLSO yang bisa membantu mencegah semakin besarnya lengkungan skoliosis. Pengujian genetik dapat membantu kita menentukan dengan lebih baik jenis skoliosis mana yang sedang dialami.

Apa yang Membedakan Berbagai Jenis Skoliosis?

Ada banyak cara untuk menentukan perbedaan antara berbagai bentuk skoliosis.  Metode yang paling umum menggunakan etiologi atau penyebab yang mendasari kondisi tersebut. Sebagian besar ahli merasa ada tiga kategori skoliosis, yaitu  idiopatik, kongenital, dan neuromuskular.

Jenis-Jenis Skoliosis & Perbedaannya

  • Idiopatik adalah jenis skoliosis yang paling umum. Ini berarti bahwa penyebabnya tidak diketahui atau bahwa tidak ada faktor tunggal yang berkontribusi pada perkembangan penyakit.
  • Bentuk kongenital skoliosis dihasilkan dari cacat tulang belakang yang ada saat lahir. Hal ini biasanya terdeteksi pada usia yang jauh lebih awal daripada bentuk skoliosis idiopatik.
  • Skoliosis neuromuskuler adalah kelengkungan tulang belakang yang berkembang karena beberapa jenis penyakit lain. Contohnya termasuk distrofi otot atau cerebral palsy. Bentuk skoliosis ini cenderung berkembang jauh lebih cepat daripada yang lain.

Mengetahui bagaimana kelengkungan tulang belakang diklasifikasikan adalah penting. Ini dapat memberikan dasar pengetahuan tentang cara mengobati jenis skoliosis tertentu. Biasanya, untuk menangani skoliosis ini akan digunakan sebuah alat bantu khusus, seperti korset TLSO yang bisa membantu mencegah semakin besarnya lengkungan skoliosis. Di bawah ini adalah beberapa jenis skoliosis secara lebih rinci:

Skoliosis kongenital

Skoliosis kongenital jarang terjadi, hanya mempengaruhi 1 dari 10.000 bayi baru lahir. Ini hasil dari kelainan tulang belakang yang berkembang di dalam rahim. Sebelum lahir, malformasi tulang belakang adalah penyebab paling umum dari skoliosis jenis ini. Hal ini juga bisa didapat dari pembentukan parsial tulang tertentu. Skoliosis kongenital menyebabkan kelengkungan tulang belakang yang menyamping. Hal ini dapat menyebabkan anak untuk mengembangkan kurva ekstra dalam arah yang berlawanan.  Ini mungkin upaya tubuh untuk mengkompensasi kelainan.

Baca Juga: Beberapa Pertanyaan yang Paling Umum Tentang Jari Palsu

Skoliosis Idiopatik Remaja

Penelitian genetik mulai menunjukkan kemungkinan penyebab skoliosis idiopatik, sering kali dialami oleh anak usia 10-18 tahun. Pada usia 10 tahun, pertumbuhan tulang belakang sudah mulai meningkat.  Hal ini meningkatkan kemungkinan kurva cepat memburuk selama lonjakan pertumbuhan. Idiopatik remaja adalah bentuk paling umum dari kondisi skoliosis. Ada banyak teori tentang kemungkinan penyebab skoliosis idiopatik remaja.  Ini termasuk ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan pertumbuhan asimetris.

Skoliosis degeneratif

Juga dikenal sebagai skoliosis dewasa, skoliosis degeneratif ditandai dengan kelengkungan tulang belakang yang berkembang dari waktu ke waktu sebagai orang dewasa. Salah satu konsekuensi alami penuaan adalah degenerasi sendi dan cakram di tulang belakang. “Keausan” yang tidak merata dari cakram dan sendi ini dapat menyebabkan kelengkungan tulang belakang menjadi lebih jelas di satu sisi. Skoliosis degeneratif sering dikaitkan dengan hilangnya kesehatan tulang.

Skoliosis neuromuskuler

Skoliosis neuromuskuler berkembang sekunder, karena kondisi lain. Kelengkungan tulang belakang terjadi ketika otak dan otot tidak dapat bekerjasama dengan baik.  Kelengkungan ini cenderung berkembang menjadi besar dan mungkin menjadi lebih parah pada pasien yang tidak dapat berjalan. Pasien yang terbatas pada kursi roda mungkin mengalami kesulitan duduk tegak dan mungkin memiliki kecenderungan untuk merosot ke satu sisi.

GO JOP merupakan sebuah platform penyedia alat kesehatan yang berbasis online dari JOP. Jadi, jika Anda membutuhkan alat kesehatan dari kami, Anda tinggal menghubungi kami via WhatsApp. GO JOP juga dapat memandu alat seperti apa yang tepat untuk Anda. Selain itu, kami juga dapat memandu Anda untuk pengukuran serta cara pemakaian produk secara online. Anda tidak perlu khawatir, karena GO JOP adalah platform terpercaya. Anda dapat melihat kami hadir di berbagai media sosial serta media massa regional dan nasional.

Karena Anda tidak harus datang secara langsung ke tempat kami, Anda pastinya bisa menghemat biaya transportasi dan akomodasi. Khususnya jika dibandingkan dengan Anda yang harus datang ke tempat kami. Harga dari alat kesehatan kami juga adalah yang termurah di Pulau Jawa. Dan hal ini menjadikan Anda dapat menghemat biaya, baik dari segi harga maupun transportasi pengambilan barang. Anda juga akan dilayani oleh para ahli yang berpengalaman selama lebih dari 10 tahun untuk konsultasi dan pelayanan. Jika ada pertanyaan terkait korset TLSO, hubungi kami sekarang juga!

Bagikan ke

3 Jenis Masalah Tulang Belakang Skoliosis yang Wajib Diketahui

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

3 Jenis Masalah Tulang Belakang Skoliosis yang Wajib Diketahui

Sidebar

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Raisa
● online
Raisa
● online
Halo, perkenalkan saya Raisa
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja