GO JOP " hanya dengan HP, tubuh terasa sempurna kembali "

Beranda » Blog » 5 Gangguan Tangan yang Umum & Perawatannya

5 Gangguan Tangan yang Umum & Perawatannya

Diposting pada 14 Mei 2022 oleh gojop / Dilihat: 488 kali / Kategori:

5 Gangguan Tangan yang Umum & Perawatannya

Jual Jari Palsu – Meskipun tulang, otot, tendon, dan ligamen tangan kecil, dampak cedera dan kelainan tangan bisa besar. Untungnya, ada dokter ortopedi yang berspesialisasi dalam gangguan tangan dan anggota tubuh bagian atas. Ada daftar panjang cedera dan kondisi yang mempengaruhi tangan, tetapi kita akan melihat lima dari gangguan tangan yang paling umum serta bagaimana mereka dapat diobati.

1. Sindrom Carpal Tunnel

Salah satu gangguan yang paling umum adalah carpal tunnel syndrome. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit, mati rasa, dan kesemutan pada tangan dan lengan. Seperti yang dikatakan oleh para ahli kesehatan, carpal tunnel syndrome pada dasarnya adalah saraf terjepit di pergelangan tangan. Sindrom carpal tunnel dapat disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor yang dapat meningkatkan tekanan pada saraf median dan mempersempit carpal tunnel:

  • Penggunaan tangan berulang
  • Fleksi atau ekstensi ekstrem yang berkepanjangan dari tangan dan pergelangan tangan
  • Keturunan
  • Kegemukan
  • Jenis kelamin (lebih sering terjadi pada wanita)
  • Usia
  • Kehamilan
  • Kondisi seperti diabetes, rheumatoid arthritis, dan penyakit tiroid

Carpal tunnel biasanya memburuk dari waktu ke waktu, membuat diagnosis dan perawatan dini menjadi penting. Jika carpal tunnel didiagnosis dan diobati lebih awal, pasien sering melihat hasil dari perawatan non-bedah termasuk:

  • Menguatkan atau belat
  • Perubahan aktivitas
  • Latihan saraf
  • Suntikan steroid

Jika pembedahan diperlukan, pelepasan carpal tunnel dapat dilakukan dalam prosedur terbuka atau endoskopi.

2. Radang Sendi

Arthritis adalah salah satu gangguan tangan yang paling umum. Menurut studi, orang dewasa banyak yang setiap tahun didiagnosis dengan beberapa bentuk radang sendi, asam urat, lupus, atau fibromyalgia oleh dokter. Arthritis adalah peradangan pada satu atau lebih sendi. Ada banyak jenis radang sendi dengan penyebab yang berbeda. Dua jenis arthritis umum yang mempengaruhi sendi tangan dan pergelangan tangan adalah osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Osteoarthritis sering disebut “arthritis keausan” dan disebabkan oleh tulang rawan di persendian yang menipis seiring waktu. Rheumatoid arthritis adalah penyakit kronis yang menyebabkan lapisan sendi membengkak, sering dimulai di tangan atau kaki.

Gejala utama radang sendi adalah nyeri sendi. Nyeri arthritis sering digambarkan sebagai tumpul atau terbakar pada awalnya dan memburuk dari waktu ke waktu. Perawatan nonsurgical termasuk obat anti-inflamasi untuk mengurangi rasa sakit, suntikan dan belat. Intervensi bedah mungkin diperlukan untuk menghilangkan rasa sakit dan menyelamatkan sendi. Jika sendi tidak dapat diperbaiki, maka penggantian sendi adalah pilihan.

Baca Juga: Apa itu Neuropati Perifer?

3. Trigger Finger

Disebut juga stenosing tenosynovitis, trigger finger adalah suatu kondisi di mana salah satu jari Anda terasa seperti terkunci atau terjepit saat Anda mencoba menekuknya. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit dan kaku pada jari yang terkena. Trigger finger paling sering mempengaruhi jari manis dan ibu jari, tetapi dapat mempengaruhi jari lainnya. Trigger finger disebabkan oleh peradangan pada selubung yang mengelilingi tendon jari.

Trigger finger dapat berkembang setelah penggunaan tangan yang kuat, tetapi penyebab pastinya tidak diketahui. Orang dengan diabetes dan rheumatoid arthritis memiliki risiko lebih tinggi terkena trigger finger. Ada pilihan perawatan nonsurgical termasuk istirahat, belat, latihan khusus, obat nyeri, dan suntikan steroid. Perawatan bedah pemicu disebut “tenolisis” atau “pelepasan trigger finger”.

4. Penyakit Dupuytren

Ada lapisan jaringan yang terletak di antara kulit dan otot telapak tangan dan jari. Jaringan ini disebut fasia. Penyakit Dupuytren menyebabkan fasia menebal dan mengencang seiring waktu. Hal ini menyebabkan jari-jari tertarik ke arah telapak tangan yang disebut kontraktur Dupuytren.

Penyebab Dupuytren tidak diketahui dan tidak ada bukti bahwa itu terkait dengan cedera tangan, gerakan berulang, atau penggunaan berlebihan. Jika kontraktur membatasi fungsi tangan, spesialis tangan dapat melakukan operasi untuk mengangkat jaringan yang terkena. Perawatan nonsurgical termasuk suntikan steroid, suntikan enzim, dan prosedur yang disebut tusuk jarum.

5. Kista Ganglion

Kista ganglion adalah benjolan jinak (bukan kanker) yang berkembang di sepanjang tendon dan persendian tangan dan pergelangan tangan. Kista ganglion berkisar dari ukuran kacang polong hingga diameter satu inci. Kista ini menjadi menyakitkan ketika mereka menekan saraf di tangan. Tergantung pada lokasi kista, mereka dapat menyebabkan kesulitan dengan gerakan sendi.

Menonaktifkan tangan atau pergelangan tangan yang terkena dengan penyangga atau belat dapat membuat kista menyusut dan menghilangkan rasa sakit. Prosedur lain yang disebut aspirasi digunakan untuk mengalirkan cairan dari kista. Jika perawatan nonsurgical tidak berhasil, dokter dapat merekomendasikan operasi yang disebut eksisi untuk menghilangkan kista ganglion.

GO JOP merupakan sebuah platform yang jual jari palsu berbasis online dari JOP. Jadi, jika Anda membutuhkan alat kesehatan dari kami, Anda tinggal menghubungi kami via WhatsApp. GO JOP juga dapat memandu alat seperti apa yang tepat untuk Anda. Selain itu, kami juga dapat memandu Anda untuk pengukuran serta cara pemakaian produk secara online. Anda tidak perlu khawatir, karena GO JOP adalah platform terpercaya. Anda dapat melihat kami hadir di berbagai media sosial serta media massa regional dan nasional.

Karena Anda tidak harus datang secara langsung ke tempat kami, Anda pastinya bisa menghemat biaya transportasi dan akomodasi. Khususnya jika dibandingkan dengan Anda yang harus datang ke tempat kami. Harga dari alat kesehatan kami juga adalah yang termurah di Pulau Jawa. Dan hal ini menjadikan Anda dapat menghemat biaya, baik dari segi harga maupun transportasi pengambilan barang. Anda juga akan dilayani oleh para ahli yang berpengalaman selama lebih dari 10 tahun untuk konsultasi dan pelayanan. Jika ada pertanyaan terkait tangan dan kaki palsu atau jari tangan dan kaki palsu, hubungi kami sekarang juga!

Bagikan ke

5 Gangguan Tangan yang Umum & Perawatannya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

5 Gangguan Tangan yang Umum & Perawatannya

Sidebar

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Raisa
● online
Raisa
● online
Halo, perkenalkan saya Raisa
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja