GO JOP " hanya dengan HP, tubuh terasa sempurna kembali "

Beranda » Blog » Amputasi dan Diabetes: Bagaimana Melindungi Kaki Anda?

Amputasi dan Diabetes: Bagaimana Melindungi Kaki Anda?

Diposting pada 3 Desember 2021 oleh gojop / Dilihat: 1.118 kali

Amputasi dan Diabetes: Bagaimana Melindungi Kaki Anda?

Kaki Palsu Murah – Komplikasi dari penyakit yang sering disebut penyakit gula, diabetes ini bisa mencakup kerusakan saraf dan sirkulasi darah yang buruk. Masalah-masalah tersebut membuat kaki menjadi rentan terhadap luka kulit (ulkus) yang bisa memburuk dalam waktu cepat.

Kabar baiknya adalah bahwa manajemen diabetes yang tepat dan perawatan kaki yang cermat dapat membantu mencegah borok kaki. Faktanya, perawatan diabetes yang lebih baik mungkin menjadi alasan mengapa tingkat amputasi anggota tubuh bawah telah turun lebih dari 50 persen dalam 20 tahun terakhir.

Ketika ulkus kaki berkembang, penting untuk mendapatkan perawatan segera. Lebih dari 80 persen amputasi dimulai dengan munculnya ulkus kaki. Ulkus yang tidak kunjung sembuh bisa menjadi penyebab kerusakan parah pada jaringan serta tulang mungkin memerlukan operasi pengangkatan (amputasi) pada jari kaki, kaki atau bagian tertentu dari kaki.

Beberapa orang dengan diabetes lebih berisiko daripada yang lain. Faktor-faktor yang menyebabkan peningkatan risiko amputasi meliputi:

  • Kadar gula darah tinggi
  • Merokok
  • Kerusakan saraf di kaki (neuropati perifer)
  • Kapalan
  • Deformitas kaki
  • Sirkulasi darah yang buruk ke anggota tubuh (penyakit arteri perifer)
  • Riwayat ulkus kaki
  • Amputasi masa lalu
  • Gangguan penglihatan
  • Penyakit ginjal
  • Tekanan darah tinggi, di atas 140/80 mmHg

Inilah yang perlu Anda ketahui untuk menjaga kaki Anda tetap sehat, tanda-tanda Anda perlu ke dokter dan apa yang terjadi jika amputasi diperlukan.

Baca Juga: Empat Tips Teratas Mencegah Amputasi

Mencegah Borok Kaki

Strategi terbaik untuk mencegah komplikasi diabetes (termasuk borok kaki) adalah manajemen diabetes yang tepat dengan diet sehat, olahraga teratur, pemantauan gula darah dan kepatuhan terhadap rejimen pengobatan yang ditentukan. Perawatan kaki yang tepat akan membantu mencegah masalah dengan kaki Anda dan memastikan perawatan medis segera saat masalah terjadi. Tips perawatan kaki yang benar adalah sebagai berikut:

  • Periksa kaki Anda setiap hari. Periksa kaki Anda sekali sehari apakah ada lecet, luka, retak, kemerahan, nyeri tekan atau bengkak. Jika Anda kesulitan menjangkau kaki Anda, gunakan cermin untuk melihat bagian bawah kaki Anda. Anda juga bisa meletakkan cermin di atas lantai jika dirasa sulit untuk memegangnya, atau Anda bisa meminta bantuan seseorang.
  • Cuci kaki Anda setiap hari. Cuci kaki Anda dengan air hangat (bukan panas) sekali sehari. Lalu Anda harus mengeringkannya dengan lembut dan perlahan, terutama pada bagian sela-sela jari kaki. Anda juga bisa menggunakan batu apung untuk menggosok kulit selembut mungkin di area kapalan mudah terbentuk.
  • Taburkan bedak di antara jari-jari kaki Anda untuk menjaga kulit tetap kering. Gunakan krim atau losion pelembab pada bagian atas dan bawah kaki Anda untuk menjaga kulit tetap lembut. Mencegah adanya retakan pada kulit kering Anda dapat membantu mencegah bakteri untuk masuk.
  • Jangan menghilangkan kapalan atau luka kaki yang lain dengan melakukannya sendiri. Demi menghindarkan kulit Anda dari cedera, jangan gunakan kikir kuku, gunting kuku atau gunting pada area yang kapalan, bunion atau kutil. Jangan gunakan penghilang kutil kimia. Temui dokter atau spesialis kaki Anda (ahli penyakit kaki) untuk menghilangkan salah satu dari lesi ini.
  • Potong kuku kaki Anda dengan hati-hati. Potong kuku Anda secara lurus. Kikir ujung yang tajam dengan hati-hati dengan alat yang tepat. Mintalah bantuan dari orang lain seperti pengasuh atau keluarga jika Anda tidak dapat memotong kuku sendiri.
  • Kenakan kaus kaki yang bersih dan kering. Gunakanlah kaus kaki yang terbuat dari serat yang dapat menyerap keringat dari kulit Anda, seperti bahan katun dan serat khusus, bukan nilon. Hindari kaus kaki dengan karet gelang ketat yang mengurangi sirkulasi atau kaus kaki dengan jahitan yang dapat mengiritasi kulit Anda.
  • Beli sepatu yang pas. Belilah sepatu yang nyaman dan dapat memberikan dukungan serta bantalan untuk tumit, lengkungan, dan bola kaki. Hindari sepatu ketat dan sepatu hak tinggi atau sepatu sempit yang memadati jari kaki Anda.
  • Jangan merokok. Merokok mengganggu sirkulasi dan mengurangi jumlah oksigen dalam darah Anda. Masalah yang muncul dari peredaran darah semacam ini bisa menyebabkan luka yang lebih parah serta penyembuhan yang buruk. Konsultasikan diri Anda dengan dokter apabila Anda perlu bantuan untuk membantu Anda berhenti merokok.

GO JOP merupakan sebuah platform penyedia alat kesehatan yang berbasis online dari JOP. Jadi, jika Anda membutuhkan alat kesehatan dari kami, Anda tinggal menghubungi kami via WhatsApp. GO JOP juga dapat memandu alat seperti apa yang tepat untuk Anda. Selain itu, kami juga dapat memandu Anda untuk pengukuran serta cara pemakaian produk secara online. Anda tidak perlu khawatir, karena GO JOP adalah platform terpercaya. Anda dapat melihat kami hadir di berbagai media sosial serta media massa regional dan nasional.

Karena Anda tidak harus datang secara langsung ke tempat kami, Anda pastinya bisa menghemat biaya transportasi dan akomodasi. Khususnya jika dibandingkan dengan Anda yang harus datang ke tempat kami. Harga dari alat kesehatan kami juga adalah yang termurah di Pulau Jawa. Dan hal ini menjadikan Anda dapat menghemat biaya, baik dari segi harga maupun transportasi pengambilan barang. Anda juga akan dilayani oleh para ahli yang berpengalaman selama lebih dari 10 tahun untuk konsultasi dan pelayanan. Jika ada pertanyaan terkait kaki palsu murah, hubungi kami sekarang juga!

Bagikan ke

Amputasi dan Diabetes: Bagaimana Melindungi Kaki Anda?

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Amputasi dan Diabetes: Bagaimana Melindungi Kaki Anda?

Sidebar

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Raisa
● online
Raisa
● online
Halo, perkenalkan saya Raisa
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja